Apa itu MMR di DOTA 2


Didalam DOTA 2 ada 4 tipe matchmaking; yaitu, Public Match atau normal match, Lobby matchmaking, Arcade dan Ranked matchmaking. Lalu apa itu MMR? MMR adalah singkatan dari matchmaking rank, yaitu angka 4 digit yang akan menentukan pada level apakah skill anda. Semakin besar MMR anda, maka anda semakin jago. MMR inilah yang akan menentukan dengan siapa anda akan berteman dan bermusuhan, teman dan musuh anda pada suatu match akan memiliki MMR yang sama atau dekat dengan MMR yang anda miliki.


Bagaimana cara mendapatkan MMR?

Pertama anda harus minimal sudah memainkan 150 normal match, lalu anda mulai dengan Ranked Match, setelah 10 kali bermain Ranked Match anda akan mendapatkan MMR anda.

Bagaimana cara kerja MMR?

MMR akan bertambah apabila anda memenangkan Ranked Match, dan akan berkurang setiap kali anda kalah. Angka pengurangan dan penambahannya tergantung, apabila anda di MMR dibawah 3700 angkat perubahan MMR biasanya hanya sekitar +24 hingga +26, yang paling umum adalah +25. Lalu mengapa bisa berbeda? karena dalam suatu match, belum tentu kita mendapatkan komposisi pemain yang adil. Misalnya tim radiant memiliki MMR rata-rata 3000 sedangkan tim Dire memiliki MMR rata-rata 4000, apabila hal seperti ini terjadi, maka kemungkinan apabila tim radiant menang maka mereka akan mendapatkan > 25 dan dire pun akan berkurang > 25, apabila dire yang menang maka mereka akan mendapatkan < 25 dan radiant pun hanya akan berkurang < 25. Apabila anda abandon dengan cara apapun (meski hanya telat 5 menit untuk connect kembalipun), anda tidak akan mendapatkan poin MMR, sebaliknya MMR anda akan berkurang meski anda memenangkan matchnya.


Apakah MMR bisa direset?

Tidak, maka dari itu seriuslah dalam bermain 10 ranked match pertama.

Apakah kita harus memenangkan 10 match ranked agar mendapat MMR tinggi?

Sebenarnya tidak harus, namun sebaiknya berusahalah untuk memenangkan semuanya karena kemungkinan mendapatkan MMR tingginya besar. Dalam 10 match ini anda akan dinilai bagaimana cara main anda, seperti misalnya anda menggunakan hero carry, maka yang akan dilihat adalah Gold per minute, XP per minute, Last Hit, KDA dan lainya, sedangkan untuk hero support, yang akan dilihat adalah Healing, Pembelian courier, dust, smoke, wards, stacking camp dan sebagainya. Bisa saja anda tetap mendapatkan MMR tinggi meski kalah match apabila anda bisa melaksanakan tanggung jawab anda. (ingat pengamatan Stats ini hanya berlaku di 10 match ranked pertama).


Apabila kita belum memiliki MMR, lalu tingkatan skill apakah yang dimiliki di match-match sebelum ranked?

Skill anda akan ditinjau seperti dalam 10 match ranked pertama, namun untuk hal ini yang diamati adalah match pertama yang anda mainkan. Nah setelah match pertama anda, akan didapatkan MMR hidden yang tidak diketahui oleh siapapun kecuali pihak DOTA 2 sendiri.

MMR yang biasanya didapat setelah 10 ranked match

Sangat sering 2000-3200
Sering 1800-1900 atau 3300-3600
Jarang 1400-1700 atau 3700-4000
Sangat jarang < 1300 atau > 4100


Tingkatan MMR

1-3400 adalah normal skill
3400-3700 adalah high skill
3700-n adalah very high skill


Bagikan Sekarang :

Tidak ada komentar